Beli Mobil vs Rumah

Oleh: Mba Zee,Developer dan Konsultan Properti Syariah

Sahabat @properti_kprsyariah.id

 

Rumah adalah kebutuhan pokok setiap orang untuk dijadikan tempat tinggal pribadi maupun keluarga. Sedangkan mobil adalah kebutuhan sampingan yang dapat mendukung mobilitas- mu. Jadi, bakalan pilih rumah atau mobil dulu untuk di beli?

Jawaban paling mendasar dari pertanyaan di atas adalah semua tergantung pada kondisi keuanganmu.

Terkadang sebagian besar orang bingung karena keduanya sudah menjadi hal yang sama-sama penting.

Lalu mana yang sebaiknya dibeli terlebih dahulu?

Rumah atau mobil dulu?

Mana yang Harus Dibeli Terlebih Dahulu?

Bagi kamu yang masih lajang, mungkin akan memilih untuk membeli mobil dulu karena bisa menunjang karir. Psssttt... tapi Percaya deh buat kalian yg masih Single, Akan Memiliki Nilai ++ banget kalau calmer tau kalian sudah punya aset rumah Karna Artinya Visi Anda Sudah Jauh Memikirkan Masa Depan menantu visioner yg prepare masa depan sudah pasti jadi kandidat utama calon mantu idaman

Berbeda halnya jika sudah memiliki calon pendamping, maka akan lebih baik jika membeli sebuah rumah karena bisa dijadikan tempat tinggal bagi kamu dan keluarga kecil kelak.

Bagi yang sudah berpasangan dan tinggal di rumah orang tua, mungkin kamu bisa membeli mobil terlebih dulu.

Namun akan lebih baik jika tetap membeli rumah terlebih dahulu agar tidak menumpang di rumah orang tua.

Sebenarnya keduanya bisa kamu dapatkan dengan cara menyicil. Namun Saat ini Pembiayaan Kredit Kendaraan TANPA RIBA Cenderung Masih Sangat Pendek Termin Kreditnya

Jadi manakah yang lebih menguntungkan?

Keuntungan dan Kerugian Membeli Rumah atau Mobil

A. Keuntungan dan Kerugian Membeli Rumah


1. Dapat Dijadikan Investasi
    Rumah dapat dijadikan sarana INVESTASI jangka panjangmu karena dukung oleh harga rumah yang SELALU NAIK setiap tahunnya,

2. Dapat Diwariskan

    Inilah yang jadi salah satu keunggulan rumah, di mana rumah BISA DIWARISKAN sampai 7 Turunan 8 Tanjakan dan 9 Tikungan. Dalam Jangka Waktu Lama Bangunannya mungkin akan sedikit usang. Tetapi hal tersebut bisa kamu atasi dengan merenovasi rumah. Maka rumah pun bisa kembali seperti semula atau bahkan lebih bagus. Rumah yang jadi bagian dari harta warisan juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Apalagi kalau rumah tersebut memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh rumah lain.

3. Rumah Termasuk Kebutuhan Primer

    Sesulit apapun kondisi keuanganmu, Sahabat #Mumtazah Properti Syariah tetap wajib memiliki Rumah Tanpa Skema Riba Sebab, rumah merupakan tempat tinggal bagi seluruh anggota keluarga sekaligus kebutuhan primer setiap manusia. Tinggal di rumah sendiri pasti lebih NYAMAN karena kamu bisa melakukan apa pun sesuka hati tanpa diselimuti rasa sungkan.

4. Harga Rumah Mahal, Tapi….

    Harga rumah memang lebih mahal kalau dibandingkan dengan harga mobil. Tapi, kamu bisa memilih tenor cicilan yang lebih lama untuk melunasi rumah syariah yang ingin dibeli. Tenor cicilan maksimum yang ditawarkan oleh developer syariah saat ini adalah 10tahun. Dengan tenor yang semakin lama, jumlah cicilan yang dibayarkan pun jauh lebih rendah. Dan Keuntungan Lain Ambil Rumah Syariah adalah Angsuran Flat Tanpa Harus Sport Jantung dengan Kenaikan Rate Bunga Bank Yg Sudah Pasti Selalu Naik. Ditambah lagi dengan skema syariah Tanpa Bank Tidak Ada Biaya Biaya Tambahan Seperti Asuransi, Administrasi, Denda,Sita Maupun Resiko Rumah Dilelang Bank Saat Buyer Terkendala Dalam Keuangan/ Mendapatkan Musibah Yg Tidak Memungkinkan Buyer Untuk Membayar Kewajiban Angsuran Bulanannya. Sehingga kamu dan keluarga tidak akan mendapatkan perlakuan kasar, intimidasi, dari Debt Collector dan Sejenisnya, Bahkan resiko di permalukan ke seluruh relasi yg kita kenal

Rumah tetap jadi prioritas!!

B. Keuntungan dan Kerugian Memilih Mobil

Selanjutnya, kali ini jika dihadapkan dalam pilihan rumah atau mobil, jika kamu menjawab mobil terlebih dahulu maka berikut ini beberapa keuntungan dan kerugiannya.

Mobil Berguna untuk Bepergian

Memang, dengan adanya mobil kamu akan lebih mudah bepergian atau mengantarkan anak ke lokasi tujuan.

    Tetapi, kalaupun kamu tidak memiliki mobil, Sahabat #mumtazah properti syariah bisa lho menggunakan transportasi umum online yang saaat ini semakin banyak pilihan dan semakin terjangkau, bahkan bonus Gonta Ganti Driver Tiap Saat Minus Biaya Perawatan, Parkir dll

2. Harga Mobil Turun

Tidak seperti RUMAH yang lama-kelamaan HARGANYA bisa NAIK DRASTIS!!, bahkan mobil akan langsung turun harganya ketika baru saja kamu beli dari dealer.

Melihat perbandingan-perbandingan, Realita dan Fakta diatas bisa disimpulkan bahwa :

MEMBELI RUMAH akan lebih MENGUNTUNGKAN daripada membeli mobil. Namun kembali lagi kepada KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN + keputusan Anda masing-masing untuk menentukannya. 

Bahkan JIKA MEMUNGKINKAN, kamu bisa membeli keduanya sekaligus. Pertanyaannya, Apakah Sanggup Mengambil Keduanya Dengan KREDIT SYARIAH TANPA RIBA???

Jika kita ingin Menjaga Keluarga Kita Dari Bahaya Jeratan KREDIT RIBA, alangkah eloknya jika Anda Bisa Membuat Skala Prioritas. 

    Sangat Disayangkan bukan, JIKA ANDA SUDAH MEMILIH KREDIT RUMAH SYARIAH (karna belum mampu beli cash) Namun Di sisi lain Anda Tetap Mengambil KREDIT RIBA (Bisa Kredit Kendaraan, Maupun Kredit Riba Lainnya), Istiqomah menjauhi Riba Di Zaman Spt saat ini memang berat, tapi percayalah Jika Banyak Orang Yg Sudah Bisa Membuktikan Nikmatnya, Indahnya, Berkahnya Hidup Tanpa Hutang Ribawi Kenapa Anda Tidak Bisa??

Back to Topic Terlepas dari pilihan kamu membeli rumah atau mobil terlebih dulu, alangkah baiknya jika memperhitungkan kemampuan berutang.

Jumlah yang sangat disarankan untuk saving budget  kredit tidak melebihi 30-35% dari total gaji-mu.

Hal ini penting diperhatikan agar kamu bisa membayar cicilan setiap bulannya dengan sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus zhalim.

Namun Tenang, Berbeda dengan KPR RIBAWI di KPR SYARIAH TANPA BANK Jauh Lebih Fleksibel baik dari sisi Persyaratan, Pemasukan/ Gaji dll karna dengan menghilangkan lembaga keuangan (bank) dalam skema Kpr Tanpa Bank Segala Administrasi Menjadi Lebih Simple dan memudahkan.

Biaya Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Apabila membeli rumah syariah tanpa bank, kamu perlu menyiapkan beberapa hal, yaitu :

•Booking Fee (Range 3-10jt tergantung Project),

•DP KPR (kami berikan kemudahan DP Bisa Dicicil 3/6/12 bulan, Berbeda beda Promo dan Kebijakan Tiap Project), dan

•Kelengkapan Berkas Pengajuan Kredit

Di Rumah Syariah Tanpa Bank tidak ada biaya asuransi, administrasi bank, dan biaya lainnya*

    Pada kenyataannya di Kpr Bank(Ribawi) biaya yang dikeluarkan di diawal bisa mencapai 40-50% dari harga rumah Jika Anda Membeli KPR SYARIAH TANPA BANK BIAYA BIAYA TERSEBUT JUSTRU DAPAT ANDA ALIHKAN UNTUK SEMAKIN MEMAKSIMALKAN DP RUMAH Sehingga Angsuran Kredit Anda Akan Semakin Kecil. Ditambah lagi Angsuran Kredit di KPR TANPA BANK  ITU FLAT DARI AWAL SAMPAI AKHIR, Harga Akhir/Nilai Total Sudah Diketahui Diawal (tidak gharar dan double harga).

Hellowww 40-50% itu besar lho, sayang banget jika Anda Alihkan untuk biaya biaya awal kredit ribawi. Ditambah lagi termin kredit yang sampai 20 bahkan 25th Horor sekali gak sich kredit ribawi selama itu dengan rate bunga yg fluktuatif pastinya menjadi Jebakan Betmen.

Logika Simplenya: JIKA ADA PILIHAN KREDIT HANYA 7-10TH, TANPA DOSA RIBA, HARGA FIX DIAWAL,TANPA BIAYA BIAYA tambahan yg nilainya tidak sedikit, TANPA DENDA, TANPA SITA BAHKAN TANPA RESIKO LELANG DAN KEHILANGAN RUMAH YG dibeli kredit Riba + KEHILANGAN SELURUH UANG YG SUDAH MASUK 

Jika Bisa Lunas Dalam 7-10Th Kenapa Mau Memilih yg Kredit sampai 20-25th Dengan Menggadaikan Keberkahan Dunia, Di Tantang Perang Allah dan Rasul Diakhirat Kelak, dan masih banyak EFEK SAMPING RIBA lainnya yang Sungguh Akan Sangat Berdampak Buruk Untuk Dunia dan Akhirat.

Back To Topic

    Apabila membeli mobil, kamu harus menyiapkan dana diluar uang muka dan cicilan kredit tiap bulan. Selain itu, kamu harus menyisihkan biaya operasional yang dikeluarkan untuk Bahan Bakar Minyak (BBM), biaya parkir, bahkan biaya masuk ke tempat wisata. Kamu pun harus menyisihkan dana untuk perawatan rutin / service untuk membersihkan mobil hingga mengganti oli dan suku cadang.

Tidak hanya itu, siapkan pula dana perbaikan jika sewaktu-waktu ada kerusakan atau mengalami kecelakaan. Karena Asuransi Hukumnya Haram dalam islam

    Semoga ulasan di atas bisa membantu Sahabat #mumtazah properti syariah memutuskan untuk membeli rumah atau mobil terlebih dulu. Berusaha Untuk Realistis, Membuat Skala Prioritas Dan Yang Pasti Tidak Lupa Untuk

 

Temukan update-an terbaru seputar properti info properti syariah, update Infrastruktur dll dalam :

Instagram : @properti_kprsyariah.id

Salam Ukhuwah,

  • Mba Zee, 0856-7089-849
  • Konsultan Dan Developer Properti Syariah-JKT12
  • FASTRESPONSE CHAT : 0896-3790-9173